Bahaya Gangguan Psikososial, Sekolah Daring Orang Tua 'Darting'

Podcast BPJS

Bahaya Gangguan Psikososial, Sekolah Daring Orang Tua 'Darting'

Psikososial merupakan kondisi yang mencakup aspek psikis dan sosial, yang bisa terjadi pada siapa pun. Dan ternyata, anak-anak rentan lho mengalami gangguan psikososial ini, apalagi ketika belajar di rumah (sekolah daring) di tengah pandemi covid-19 saat ini. Termasuk orang tuanya, kalau gak siap rentan 'darah tinggian'. Btw, seperti apa ya gangguan psikososial itu, dan bagaimana menghindarinya? Nah, inilah yang dibahas Kak Oje sama Renatha dalam podcast BPJS kali ini.

OTHER POD
  • Kenalan Sama Macam-macam Batuk

    Kenalan Sama Macam-macam Batuk

    Katanya, pada masa pandemi Covid-19 batuk menjadi lebih 'tabu' dari pada buang angin alias kentut. Batuk menjadi sesuatu yang sensitif dan mengerikan. Nah, sepertinya kita perlu mengenal lebih jauh nih soal jenis-jenis batuk. Kalau kata Kak Oje dan Renatha dalam podcast BPJS kali ini, jangan juga semua batuk dikaitkan sama Covid. Pada sisi lain, kita juga harus waspada dan nggak meremehkan si batuk, geeeengs.

  • Sulitnya Deteksi Covid-19 pada Anak

    Sulitnya Deteksi Covid-19 pada Anak

    Gejala yang umum terjadi pada orang yang terinfeksi Covid-19 adalah demam, sesak, pilek, atau batuk. Namun ketika anak-anak terkena penyakit ini, ternyata gejalanya tak selalu seperti itu. Kondisi inilah yang membuat anak jadi lebih sulit dideteksi, seperti yang dibahas sama Kak Oje dan Renatha dalam podcast BPJS episode kali ini.

  • Gak Perlu Malu ke Psikolog

    Gak Perlu Malu ke Psikolog

    Masih ada lho orang yang merasa ogah ke psikolog karena merasa malu, apalagi kalau diketahui orang -- takut dengan stigma 'kelainan jiwa'. Teruus, sekalinya datang ke psikolog ketika mereka merasa ada masalah mental yang terlanjur berat. Padahal, setiap masalah akan lebih mudah diatasi lho ketika datang lebih awal, seperti yang dibahas sama Kak Oje dan renatha di Podcast BPJS kali ini.

  • Jalan-jalan Aman di Masa Pandemi

    Jalan-jalan Aman di Masa Pandemi

    Jalan-jalan dan liburan ternyata besar banget lho pengaruhnya untuk kehidupan si Renatha. Dan, selama 5 bulan di masa pandemi ini dia mati gaya. Tapi, dalam podcast BPJS kali ini dia dan Kak Oje membahas soal cara aman dari virus korona jika memang harus jalan-jalan.

  • Bahaya Gangguan Psikososial, Sekolah Daring Orang Tua 'Darting'

    Bahaya Gangguan Psikososial, Sekolah Daring Orang Tua 'Darting'

    Psikososial merupakan kondisi yang mencakup aspek psikis dan sosial, yang bisa terjadi pada siapa pun. Dan ternyata, anak-anak rentan lho mengalami gangguan psikososial ini, apalagi ketika belajar di rumah (sekolah daring) di tengah pandemi covid-19 saat ini. Termasuk orang tuanya, kalau gak siap rentan 'darah tinggian'. Btw, seperti apa ya gangguan psikososial itu, dan bagaimana menghindarinya? Nah, inilah yang dibahas Kak Oje sama Renatha dalam podcast BPJS kali ini.

  • Perkara Keringat Berlebih

    Perkara Keringat Berlebih

    Berkeringat itu sehat, tapi bagaimana kalau berlebihan? Nah, situasi ini namanya hiperhidrosis. Bukan menakut-nakuti, tapi ada baiknya periksa ke dokter, karena boleh jadi keringat berlebih itu disebabkan penyakit tertentu, seperti yang 'diributin' sama Kak Oje, Renatha dan Mbak Ade dalam podcast BPJS kali ini.

  • Ada Apa Dengan Garam Himalaya

    Ada Apa Dengan Garam Himalaya

    Belakangan garam Himalaya dianggap lebih bagus buat kesehatan dibandingkan garam dapur. Benar gak sih, emang bedanya apa ya? Terus, kenapa tiba-tiba Kementerian Perdagangan RI menarik peredaran si garam Himalaya? Hmm.. Kalau topik ini sudah sampai ke meja podcast BPJS, pasti penting banget. Apalagi Kak Oje dan Renatha undang Redaktur Ekonomi Medcom.id segala, the one and only Mbak Ade.

  • Ribut-ribut Soal Jamur Enoki

    Ribut-ribut Soal Jamur Enoki

    Dalam podcast BPJS 'jaga jarak' kali ini Renatha kecewa, karena Kementerian Pertanian RI sementara melarang peredaran jamur enoki asal Korea Selatan. Si jamur disinyalir terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Hmmm..., padahal dia penggemar berat jamur enoki itu lho. Oiya, bukankah jamur enoki sempat dibicarakan ya sisi baiknya bagi kesehatan? Terus, apa pula bakteri listeria monocytogenes itu?

  • 5 Pertimbangan Penting Sebelum Makan di Luar

    5 Pertimbangan Penting Sebelum Makan di Luar

    Pada masa new normal ini, tempat-tempat makan sudah mulai buka. Lantas, sebetulnya aman gak sih kalau kita makan di luar pada masa pandemi korona ini? Aman sih, kalau kita mempertimbangkan hal-hal yang diperbincangakan dalam Podcast BPJS episode kali ini.

  • #JadiAndalan untuk Garda Terdepan | Ft. Novita Rumngangun

    #JadiAndalan untuk Garda Terdepan | Ft. Novita Rumngangun

    Pada episode kali ini Kak Githa Oje dan Renatha kedatangan tamu spesial, yaitu Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun. Perempuan yang akrab disapa Mbak Nona ini bercerita tentang program kemanusiaan ‘Share Your Humanity’ Manulife, yang mengajak nasabahnya untuk ikut serta membantu garda terdepan atau tenaga kesehatan memerangi virus COVID-19. Program ini sekaligus menyemarakkan peringatan 35 tahun Manulife di Indonesia dan mengukuhkan tujuan perusahaan untuk semakin melindungi lebih banyak lagi keluarga Indonesia. Yuk langsung aja dengerin Podcast BPJS.